Renungan Rabu, 16 Maret 2022

Bacaan I               : Yer. 18:18-20

Mazmur               : 31:5-6.14.15-16;R:17b

Bacaan Injil         : Mat. 20:17-28

Renungan

Ada tiga godaaan besar manusia, yaitu harta, tahta (kekuasan), dan kenikmatan. Kita menyaksikan di sekitar kita atau bahkan juga mengalami sendiri, orang-orang yang berlomba-lomba utnuk mendapatkan jabatan atau kekuasaan. Kekuasaan atau jabatn sering kali berarti kesempatan untuk mengeruk keuntungan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun untuk kelompok.

Yohanes dan Yakobus berambisi untuk mendapatkan jabatan demi mengejar kemuliaan dan kemegahan duniawi. Yesus mengajarkan bahwa jabatan atau kekuasaan untuk melayani, untuk kebaikan bersama bukan untuk keuntungan diri sendiri. Kekuasaan (“menjadi besar”)  dimaksudkan untuk menjadi pelayan. Maka, sangat mungkin seorang pemimpin harus “memanggul salib dan memberikan nyawa untuk banyak orang” (Mat. 20:17-28). Karena itu, pemimpin yang jujur dan bekerja untuk kebaikan bersama akan mengalami penderitaan dalam melayani (Yer. 18:18-20). Penderitaannya adalah ungkapan ketaatan kepada Allah yang diganjar dengan kemengana dan kemuliaan sejati.

Ya Bapa, bantulah kami untuk mengalami cinta-Mu agar apa yang terbaik dalam diri kami bisa diwujudkan.Terima kasih Yesus. Amin.

Sumber: Buku Ziarah Batin 2021, Obor, Jakarta