Renungan Jumat, 15 Oktober 2021

Bacaan I               : Rm. 4:1-3

Mazmur               : 32:1-2.5.11;R:7

Injil                         : Luk. 12:1-7

Takut kepada Tuhan. Pengajaran Yesus biasanya dibagi dalam beberapa level. Pertama kepada kerumunan orang banyak yang tak terhitung jumlahnya. Level kedua adalah kepada para murid yang biasanya kita kenal istilah 70 murid.  Dan pada level yang paling dekat, Yesus telah mengajar khusus untuk 12 rasul. Inji hari ini dimulai dengan beribu-ribu orang bnayak telah berkeumun sehingga mereka berdeesak-desakan ingin mendengarkan Yesus. Tetapi Yesus mengajar pertama-tama kepada murid-murid-Nya, soal kewaspadaan terhadap ragi, yaitu kemunafikan, Yesus sangat membenci kemunafikan. “Tidak ada sesuatupun yang kamu katakana dalam gelap akan kedengaran dalam terang, apa yang kamu bisikan ke telinga akan diberitakan dari atas atap rumah.”

Kalau kita punya kebiasaan bersembunyi-sembunyi atau merahasiakan sesuatu, percayalah suatu ketika, rahasia itu akan terbongkar. Yesus menegaskan, “Aku akan menunjukan kepada kamu, siapakah yang harus kamu takuti, yaitu Tuhan.” Kita mungkin lebih takut pada penilaian-penilaian orang, tetapi kita lupa justru kita harus takut pada perintah Tuhan. Kalau kita takut akan Tuhan pasti hidup kita juga akan sepenuhnya baik, kita akan hidup jujur, kita akan hidup benar tanpa kita menjadi orang yang mencari-cari ketenaran, mencari-cari penilaian baik dari sesama di sekitar kita.

“Tuhan Yesus, kami sering kali hidup dalam kemunafikan. Ampunilah kami dan tuntunlah kami pada jalan yang benar.”  Amin.

Sumber: Ziarah batin 2021, Obor, Jakarta